Thursday, June 24, 2010

          Harus kita akui bahwa hidup ini memang sulit, banyak hal yang sampai saat ini kita tidak bisa memecahkan, bahkan sangat sulit untuk menemukan jawabannya. Harus kita akui pula bahwa hidup selalu penuh dengan masalah yang seolah - olah tiada habisnya. Coba anda renungkan,......mulai dari kita kecil kita harus selalu berhadapan dengan masalah seperti harus lulus ujian, lulus sekolah, dan sebagainya. Beranjak remaja tambah lagi berbagai masalah, masalah dengan teman, pacar, dan sebagainya. Beranjak dewasa mucul lagi permasalahan, mencari pekerjaan lah, masalah rumah tangga lah dan lain-lain. Seolah - olah masalah demi masalah selalu mengikuti hidup kita.
          Ya memang kita akui pula bahwa selama ini yang kita rasakan, bahwa Tuhan tidak pernah memberi apa yang kita minta, bahkan  kadang merasa aneh ketika kita meminta kemudahan dalam segala hal, eh…. ternyata malah yang datang kesulitan terus menerus. Hal ini jelas membuat kita frustasi bahkan  tak jarang membuat kita berburuk sangka pada Tuhan. Bahkan kita tak jarang berfikir dan bertanya bukankah Tuhan Maha Mendengar, Maha Melihat tapi kenapa apa-apa yang kita minta jarang langsung dikabulkan. Saya yakin banyak orang merasa seperti apa yang saya rasakan, Terus kita harus bagaimana ....??????

          Perasaan itulah yang sering muncul, dan semakin disesali justru akan semakin membuat kita terpuruk. Coba pernah tidak anda mengalami ketika anda Memohon kepada Tuhan kekuatan, Tuhan malah memberi kita kesulitan. Ketika kita memohon untuk bisa menjadi manusia bijak, Tuhan malah memberi kita banyak masalah. Bahkan ketika kita meminta untuk menjadi manusia pemberani, Tuhan malah memberi kondisi bahaya, dan ketika kita memohon sebuah cinta, Tuhan memberi kita orang-orang bermasalah.
Tapi coba kita renungkan dan  pikirkan lebih dalam, benarkah apa yang kta minta tidak dikasih, tetapi ternyata kita dikasih sesuatu masalah untuk kita hadapi. Analogi sederhananya ketika kita minta makanan tapi ternyata Tuhan memberi kail buat kita. Bukan kah itu menjadi jawaban atas doa-doa kita selama ini, pernah tidak terbanyangkan kalau kita hanya diberi ikan, pasti ikan itu habis dan kita pasti akan meminta lagi. Beda dengan kita diberi kail, maka kail itu akan bisa menghidupi kita. Itulah mungkin jawaban Tuhan atas doa-doa kita selama ini, bahwa “TUHAN TERNYATA TIDAK PERNAH MEMBERI APA YANG KITA MINTA TETAPI TUHAN MEMBERI APA YANG KITA BUTUHKAN”.

          Ya …Tuhan memberi semua kebutuhan yang kita minta, dan hal ini akan diketahui bagi mereka yang mau membuka hati dan tidak berburuk sangka pada Tuhan, bukankah Tuhan adalah sebagaimana prasangka mahluknya, kalau kita berprasangka baik, maka baik pulalah, begitu sebaliknya. Maka cobalah mengungkap hikmah dibalik fakta, walaupun itu kedengarannya klasik, tapi ga ada salahnya untuk dicoba…Semoga Memberi Inspirasi.

Artikel Menarik Lainnya:

2 comments:

NumberOne said...

Dari HR. at-Tirmidzi dari Ibnu Mas'ud:
"Bermohonlah anugerah Alloh, karena Alloh senang menerima permohonan. Ibadah yang paling utama (afdhal) adalah menantikan datangnya kemudahan (penantian yang diliputi optimisme dan prasangka baik kepada Alloh)"

Mas Anton said...

@mas Numberone : makasih komentnya.....Semoga ini bisa menjadi pembelajaran buat kita semua agar dapat selalu berbaik sangka kepada Allah SWT. Amin.

Post a Comment