Thursday, July 1, 2010


Allah subhanahu wa ta'ala telah memberikan kedudukan yang mulia bagi siapa saja yang telah menjadi seorang ayah. Oleh karena itu kesempatan yang diberikan ini pun sudah seharusnya jangan sampai disia-siakan begitu saja.


Rasulallah sholallohu alaihi wa sallam  pun memberikan kabar gembira kepada setiap ayah, melalui sabda beliau:



(( ثَلاَثٌ دَعْوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٌ لاَ شَكَّ فِيْهِنَّ دَعْوَةُ اْلوَالِدِ وَ دَعْوَةُ  الْمُسَافِر ِوَ دَعْوَةُ الْمَظْلُوْمِ ))



"Tiga Doa yang mustajab dan tidak ada keraguan di dalamnya, yaitu Do'a seorang ayah dan do'a seorang yang sedang berpergian dan do'a orang yang terdzholimi..."  (HR. Abu Daud)


Masya Allah, kita harus meyakini bahwa doa sang ayah adalah maqbul alias mustajab. Maka berikanlah perkataan-perkataan yang baik kepada anak-anak kita agar anak kita menjadi anak yang shalih.

Lebih jauh dari pada itu semua, kita berharap hubungan baik pun dapat terjalin antara ayah dengan anaknya. Wahai para ayah. Sekali lagi tentu kita sangat menyayangi anak-anak kita, sebab merekalah penerus harapan dan cita-cita keluarga. Jangan merasa engkau belum berhasil dalam mendidik anak-anakmu dikarenakan engkau seorang yang tak berharta. Juga jangan berlebihan jika di dunia ini engkau memiliki segalanya, berikanlah sesuai dengan batas-batas tertentu, tidak pelit dan juga tidak boros.

Jika memang engkau tak memiliki harta ataupun ilmu yang ingin engkau warisi untuk anak-anakmu, engkau masih memiliki seuntai do'a.

"Duhai ananda, maafkan ayah jika ayah tidak bisa memberikanmu yang terbaik. Ayah belum sempat menyekolahkanmu untuk menuntut ilmu agama sesuai dengan cita-citamu itu.

Maafkan ayah karena tak bisa mewarisi harta yang melimpah, tapi....perlu engkau tahu wahai anakku, bahwa aku telah mempersiapkan seuntai kata untukmu. Kata-kata yang akan mempertemukan kita di surga-Nya nanti. Ya...kita akan bertemu di sana, di taman firdaus. Kita akan kembali membina sebuah keluarga yang paling bahagia di antara keluarga-keluarga yang ada di dunia. Salam sayang dari ayahmu....".


Semoga dapat memberi inspirasi …

Artikel Menarik Lainnya:

0 comments:

Post a Comment