Thursday, November 4, 2010

Orang Terkaya udah biasa, tapi terkaya plus termuda ini baru luar biasa. Orang - orang seperti inilah harusnya dapat menginspirasi para generasi muda, sehingga dapat melecut semangat kita para generasi muda untuk terus berkarya. Menurut majalah Forbes, pendiri Facebook masih menjadi miliarder termuda yang masuk dalam 20 jajaran miliarder Amerika. Masuknya Facebook membuat standar rata-rata usia orang terkaya menjadi menurun. terdapat delapan miliarder Amerika yang berusia di bawah 40 tahun dan tiga di antaranya adalah pendiri Facebook.
Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg bukanlah menjadi orang kaya termuda Amerika, namun justru teman sekamarnya yang lebih muda delapan hari dibanding Zuckerberg, yaitu Dustin Moskovitz.
Dustin menangani teknologi di situs jaringan sosial itu. Ia meninggalkan Facebook pada 2008 dan memulai kerja di sana, sebuah perusahaan software yang memungkinkan individu di perusahaan kecil bekerja sama. Kekayaan Moskovitz diperkirakan mencapai US$1,4 miliar yang berasal dari keutungan sahamnya sebesar enam persen.
Peringkat kedua, pendiri Facebook Mark Zuckerberg. Meski tak lagi menjadi miliarder termuda dari 400 orang terkaya dunia, namun dia telah membukukan keuntungan terbesar tahun ini. Kekayaannya melonjak menjadi US$6,9 miliar dari US$2 miliar. Keuntungan ini lebih tinggi lima kali lipat dibanding Moskovitz dan melebihi keuntungan Apple.
Peringkat ketiga, juga ditempati salah satu pendiri Facebook, Eduardo Saverin yang berusia 28 tahun. Ia pernah memiliki sepertiga saham Facebook. Ketika Zukerberg dan Moskovitz berhenti kuliah dan pindah ke California, Saverin tetap tinggal untuk menyelesaikan kuliahnya. Setahun kemudian Facebook menggugatnya.
Ia lalu mendapatkan lima persen saham dan menjadi wakil pendiri Facebook dalam biografi di situs Facebook. Kepemilikan saham itu membuat ia mempunyai kekayaan sekitar US$1,15 miliar.
Memang bidang teknologi, khususnya internet telah lama menjadi pilihan untuk menjadi orang kaya di usia muda. Bill Gates memulai debutnya dalam daftar tersebut pada 1986 di usia 30 dengan kekayaan bersih US$315 juta. Sementara itu, Michael Dell memulai debutnya pada usia 26, dan 19 tahun kemudian ia masih masuk 20 orang kaya termuda. Demikian juga untuk pendiri Yahoo David Filo dan Jerry Yang, yang juga membuatnya menduduki peringkat pertama daftar 20 miliarder termuda Amerika. 
Semoga dapat memeberi inspirasi.

Artikel Menarik Lainnya:

0 comments:

Post a Comment