Monday, October 25, 2010

E-book Evaluasi Keamanan

“Information is what feeds hacker... Hacking appeals: it’s the control, the adrenaline, the knowledge, the having what you’re not supposed to have.” -- Jon Littman, in “The Fugitive Game: online with Kevin Mitnic”
Apabila anda telah memiliki sebuah sistem informasi, bab ini akan membantu anda untuk mengevaluasi keamanan sistem informasi yang anda miliki. Meski sebuah sistem informasi sudah dirancang memiliki perangkat pengamanan, dalam operasi masalah keamanan harus selalu dimonitor. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal, antara lain : 
 
 
  • Ditemukannya lubang keamanan (security hole) yang baru. Perangkat lunak dan perangkat keras biasanya sangat kompleks sehingga tidak mungkin untuk diuji seratus persen. Kadang-kadang ada lubang keamanan yang ditimbulkan oleh kecerobohan implementasi. 
  • Kesalahan konfigurasi. Kadang-kadang karena lalai atau alpa, konfigurasi sebuah sistem kurang benar sehingga menimbulkan lubang keamanan. Misalnya mode (permission atau kepemilikan) dari berkas yang menyimpan password (/etc/passwd di sistem UNIX) secara tidak sengaja diubah sehingga dapat diubah atau ditulis oleh orang-orang yang tidak berhak. 
  • Penambahan perangkat baru (hardware dan/atau software) yang menyebabkan menurunnya tingkat security atau berubahnya metoda untuk mengoperasikan sistem. Operator dan administrator harus belajar lagi. Dalam masa belajar ini banyak hal yang jauh dari sempurna, misalnya server atau software masih menggunakan konfigurasi awal dari vendor (dengan password yang sama).
Selanjutnya silahkan download e-book disini.

Artikel Menarik Lainnya:

0 comments:

Post a Comment