1. Dalam rangka mengisi formasi Pegawai Negeri Sipil TA. 2010, sesuai Pengumuman Kementerian Pertahanan Republik Indonesia Nomor PENG/04/X/2010 tanggal 11 Oktober 2010 tentang Pengadaan PNS Kemhan TA. 2010, Markas Besar Angkatan Udara membuka kesempatan bagi Warga Negara Indonesia untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil TNI Angkatan Udara.
2. PERSYARATAN:
- Warga Negara Indonesia pria dan wanita beragama.
- Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari Polres/ Polresta/Poltabes setempat.
- Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/anggota TNI/anggota Kepolisian Negara atau sebagai pegawai swasta dengan surat pernyataan.
- Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil dan tidak sedang terikat perjanjian/kontrak kerja dengan instansi lain dengan surat pernyataan.
- Tidak bersuami/beristrikan seorang yang berkewarganegaraan asing atau tanpa kewarganegaraan dengan mencantumkan surat keterangan dari Kelurahan/Kepala Desa.
- Usia maksimum 35 tahun pada tanggal 1 Desember 2010.
- Berijazah D-3, dan S-1 dengan IPK minimum 2,5.
- Tidak sedang melamar menjadi CPNS
- Tidak pernah dihukum penjara.
- Mempunyai pendidikan, kecakapan, keahlian dan keterampilan yang diperlukan.
- Keadaan Jasmani dan Rohani Pelamar :
1) Tinggi badan, minimal untuk Pria 160 Cm, Wanita 155 Cm.
2) Berat badan mendekati ideal (tidak overweight dan tidak underweight).
3) Tidak tuna rungu dan tuna wicara.
4) Memiliki dua mata (tidak juling, tidak buta warna, tidak palsu).
5) Tidak bertato dan bertindik (kecuali karena adat).
6) Tidak mengkonsumsi/menggunakan narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya.
- Terdaftar sebagai penari kerja di Kemenakertrans/Kanwil Kemenakertrans setempat.
- Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah NKRI.
- Bagi pelamar wanita tidak dalam keadaan hamil (sanggup menunda kehamilan) sampai dengan diangkat menjadi PNS.
- Bersedia melaksanakan ikatan kerja minimal 5 tahun terhitung sejak peng-angkatannya sebagai Calon PNS, dan bersedia mengembalikan biaya pengadaan sebesar 10 kali gaji pokok terakhir yang diterima, apabila mengundurkan diri sebelum masa ikatan kerja selesai.
3. WAKTU PENDAFTARAN:
Waktu pendaftaran pada tanggal 18 Oktober 2010 - 21 Oktober 2010 pada jam kerja.
- Jakarta I (Denma Mabesau) meliputi satuan kerja di lingkungan Mabesau yang berada di Jakarta, Lanud Atang Sendjaja dan Lanud Astra Ksetra.
- Jakarta II (Makodikau) meliputi satuan kerja Makodikau, Makoopsau I Makohanudnas dan jajarannya yang berada di wilayah Jakarta dan sekitarnya, Lanud Halim Perdanakusuma, Sekkau, Wingdikum dan satuan jajarannya, Wingdiktekkal dan satuan jajarannya dan Jajaran Paskhas yang berada di Jakarta.
- Medan (Lanud Medan) meliputi satuan kerja Lanud Medan, Lanud Maimun Saleh, Lanud Sultan Iskandar Muda dan Kosekhanudnas III serta satuan jajarannya.
- Pakanbaru (Lanud Pekanbaru) meliputi satuan kerja Lanud Pekanbaru, Lanud Palembang, Lanud Tanjung Pandan, Lanud Padang dan Lanud Tanjung Pinang.
- Kalimantan Barat (Lanud Supadio) meliputi satuan kerja Lanud Supadio, Lanud Singkawang II, Lanud Syamsudin Noor, Lanud Balikpapan dan Lanud Iskandar, Lanud Ranai dan Lanud Tarakan.
- Bandung (Lanud Sulaiman) meliputi satuan kerja Seskoau, Dislitbangau, Rumkitmun, Koharmatau dan satuan jajarannya di Bandung, Korpaskhas serta satuan jajarannya di Bandung, Lanud Husein Sastranegara, Lanud Sulaiman, Lanud Suryadarma dan Lanud Sukani.
- Surakarta (Lanud Adi Soemarmo) meliputi satuan kerja Akademi Angkatan Udara, Lanud Adi Sutjipto, Lanud Adi Soemarmo, Depohar 50 Smo dan Lanud Wirasaba.
- Surabaya (Lanud Surabaya) meliputi satuan kerja Pusdiklathanudnas, Lanud Iswahjudi, Lanud Abdurachman Saleh, Lanud Surabaya, Lanud Ngurah Rai, Lanud Rembiga, Lanud El Tari, Depohar 20 Iwj, Depohar 30 Abd, Depohar 60 Iwj dan Satuan Paskhas di Jawa Timur.
- Makassar (Lanud Hasanuddin) meliputi satuan kerja Makoopsau II, Lanud Hasanuddin, Lanud Wolter Monginsidi, Lanud Sam Ratulangi dan Kosekhanudnas II serta satuan jajarannya.
- Jayapura (Lanud Jayapura) meliputi satuan kerja Makosekhanudnas IV dan satuan jajarannya, Lanud Manuhua, Lanud Jayapura, Lanud Merauke, Lanud Timika, lanud Pattimura, Lanud Morotai dan Lanud Dumatubun.
5. TAHAPAN SELEKSI
Seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kemhan dilakukan dengan tahapan-tahapan sebagai berikut :
Seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kemhan dilakukan dengan tahapan-tahapan sebagai berikut :
- Seleksi Administratif meliputi kelengkapan berkas persyaratan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
- Seleksi Kesehatan.
- Seleksi kesamaptaan jasmani (2400 m).
- Wawancara
1) Test Mental Idiologi.
2) Test Kompetensi.
- Test tertulis sesuai tingkatannya, meliputi :
1) Test Pengetahuan Umum (TPU)
a) Ideologi : Pancasila dan UUD 45.
b) Politik : Sistem Administrasi Negara RI (Sanri), Sistem Pemerintahan Pusat dan Daerah, Politik Luar Negeri.
c) Ekonomi : Sistem ekonomi Indonesia, Kebijakan Fiskal dan moneter, Perdagangan Bebas.
d) Sosial budaya : Sejarah kebangsaaan dan masyarakat madani.
e) Pertahanan dan Keamanan : Wawasan Nusantara, Sistem Pertahanan dan keamanan.
f) Hukum : Norma hukum, azas hukum, supremasi hukum.
g) Pengetahuan komputer : teknologi informasi, internet
h) Matematika dasar
i) Sejarah nasional dan sejarah dunia
j) Statistik
k) Bahasa Indonesia
l) Pengetahuan populer.
2) Test Bahasa Inggris.
3) Test Bakat Skolastik (TBS), mengukur potensi seseorang dengan belajar berdasarkan penalaran verbal, penalaran kuantitatif dan penalaran analisis.
6. KUALIFIKASI PENDIDIKAN YANG DIPERLUKAN DAN KEBUTUHAN FORMASI :Terlampir
7. CARA PENDAFTARAN:
Para pelamar datang sendiri ke tempat pendaftaran/tidak dapat diwakilkan, dengan membawa kelengkapan administrasi sebagai berikut:
Para pelamar datang sendiri ke tempat pendaftaran/tidak dapat diwakilkan, dengan membawa kelengkapan administrasi sebagai berikut:
1) Pada saat melamar membawa Ijazah asli bukan surat keterangan lulus.
2) Pas foto terbaru berwarna dengan latar belakang merah tanpa kacamata dan tutup kepala dan menggunakan pakaian berkerah ukuran 3 x 4 cm sebanyak 6 lembar dan 4 x 6 cm sebanyak 6 lembar.
3) Foto kopi Kartu Tanda Penduduk.
4) Kartu Tanda Pencari Kerja (Kartu Kuning/AK-1) dari Kementerian Tenaga Kerja setempat.
5) Surat Keterangan Terbaru: a) Sehat jasmani dan rohani dari Dokter Pemerintah/Puskesmas (Nomor Sket harus tercantum), dengan melampirkan hasil laboratorium Foto Thorax, urine rutin, kimia darah, darah rutin, fungsi hati dan fungsi ginjal.
b) Tidak mengkonsumsi/menggunakan narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya dari Dokter Rumah Sakit Umum Setempat (RSUD) dan Nomor Sket harus tercantum.
c) Tidak dalam keadaan hamil bagi pelamar wanita dari Dokter Pemerintah/Puskesmas (Nomor Sket harus tercantum).
6) Surat lamaran ditulis tangan sendiri menggunakan tinta hitam huruf kapital/balok dan ditanda tangani bermaterai Rp. 6.000,- serta ditempel foto berwarna terbaru ukuran 3×4 cm tanpa tutup kepala dan kacamata, ditujukan :
Kepada
Yth. Kepala Staf Angkatan Udara U.p. Kadisminpers
Mabesau – Cilangkap
di
Jakarta - 13870
7) Foto kopi akte kelahiran/kenal lahir.
Foto kopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (dari Polres/ Polresta/ Poltabes setempat).
9) Foto kopi sertifikat keterampilan yang dimiliki.
10) Foto kopi ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir dengan ketentuan :
a) S-1 dan D-3 dilegalisir oleh Rektor/Dekan/Pembantu Dekan Bidang Akademik/Ketua/Pembantu Ketua Bidang Akademik/ Direktur/ Pembantu Direktur Bidang Akademik. b) SLTA/sederajat, SLTP/sederajat dan SD dilegalisir oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan (apabila nama sekolah berubah harus melampirkan surat keterangan perubahan tersebut).
11) Nomor urut 2 sampai dengan nomor urut 10 masing-masing rangkap 3, dimasukan ke dalam map folio dengan ketentuan warna :
a) Dokter Umum/Dokter Gigi/Psikolog : Merah
b) S-1 Tenaga Kesehatan : Kuning
c) D-3 Tenaga Kesehatan : Hijau
d) S-1 Tenaga Teknis : Biru
e) D-3 Tenaga Teknis : Merah Muda
Para pelamar yang memenuhi persyaratan akan mengikuti seleksi akademis meliputi : Tes Pengetahuan Umum (TPU), Tes Bahasa Inggris dan Tes Bakat Skolastik (TBS) tanggal 10 November 2010 sampai dengan 11 November 2010.
a. Dalam kegiatan pengadaan para pelamar tidak dipungut biaya apapun.
b. Sponsorship tidak mempengaruhi proses penerimaan dalam pengadaan CPNS TNI AU.
c. Lamaran yang sudah diterima tidak dapat diminta kembali.
PENTING :
Pengumuman Resmi, Formasi, dan Kualifikasi Pendidikan klik disini
1 comments:
OK makasih banget infonya mas. . . .
Salam.
Post a Comment