Friday, February 11, 2011

Demam Android


Blogmasanton - Demam Android ... he...3x kok lucu ya...??? Belum usai booming Blackberry di Indonesia kini sudah muncul lagi yang namanya Android. Haah android....apaan lagi nih...? mungkin seperti itu pertanyaan sobat2 yang belum ngeh...(kayak aku...wkwkwk).... Ga pa pa lah toh kita juga perlu belajar. Android adalah suatu Sistem Operasi (SO) buatan Google yang ditanamkan di dalam ponsel. Sebenarnya Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri dan untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Hal ini memungkinkan para pengembang menulis kode terkelola (managed code) dalam bahasa pemrograman Java, mengontrol peranti via perpustakaan Java yang dikembangkan Google.

Mengapa ponsel sekarang lebih memilih Android sebagai Sistem Operasinya dibandingkan  dengan Symbian...??? Karena android memiliki biaya lisensi lebih murah dan sifatnya yang semi open source. Tidak hanya itu, Android tentunya akan support dengan berbagai layanan dari Google. Tidak hanya murah, tapi Android mempunyai sifat yang Fleksibel. Tidak hanya handphone saja yang menggunakan Android, tapi sekarang sudah merambah ke Netbook. Misal Netbook Acer sudah menggunakannya.

Harus diakui, sistem operasi ponsel Android yang baru berumur jagung ini sudah diperhitungkan oleh para produsen ponsel dunia. Banyak yang memprediksi, bila operating system buatan raksasa mesin pencari Google, ini bakal punya peran penting dalam industri ponsel dunia kedepan. Maka tidak heran bila para vendor ponsel ramai-ramai mengenalkan ponsel Android mereka. Android dikembangkan oleh raksasa mesin pencari Google kurang lebih 1 tahun yang lalu. Korporasi yang didirikan Larry Page dan Sergey Brin itu mengembangkan smartphone yang tidak memerlukan lagi banyak pulsa. Menghubungi ponsel orang cukup dengan account GMail di ponsel. Sebuah langkah yang bakal membuat operator telekomunikasi was-was.
 
Dan sepertinya Google juga sudah mempunyai rencana  untuk menguasai pasar dan mungkin akan ada produk baru yang akan dikembangkan oleh Google. Kelebihan lain dari OS Android adalah karena pengembangannya bisa dibilang GRATIS, maka aplikasinya pun rata-rata GRATIS, sehingga tidak perlu bayar untuk mendownload ataupun menginstal aplikasi Android. Dan pemakaian dari OS Android pun terbilang mudah jika dibandingkan dengan OS lainnya.

Namun jangan terlalu bangga dengan OS Android, sebab OS ini mempunyai beberapa kelemahan diantaranya karena OS Android ini terbilang baru, maka belum banyak aplikasi yang tersedia untuk Android. Namun jangan khawatir dengan perkembangan seperti sekarang ini mungkin akan lebih banyak lagi aplikasi untuk kedepannya. Semoga memberi inspirasi.

Baca juga Ponsel Android terbaru.

Artikel Menarik Lainnya:

0 comments:

Post a Comment